Rabu, 10 Juni 2015

Bupati Bone Hadiri Wisuda SUPM Negeri Bone

Watampone, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. menghadiri acara wisuda Siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Bone Angkatan Ke-29 Tahun Ajaran 2014-2015 di halaman SUPM Negeri Bone di Kelurahan Waetuo, Kecamatan Tanete Riattang Timur. Rabu (10/06/2015).  Turut bersama Bupati, Asisten II Andi Gunadil Ukra, Kabag Humas dan Infokom,  Andi Promal Pawi, Acara wisuda tersebut dihadiri oleh para orang tua/ wisudawan serta tamu dan undangan lainnya.

Kepala SUPM Negeri Bone Ir. Yip Regan, M.P. dalam laporannya mengatakan sebanyak 143 orang siswa SUPM  Negeri Bone Angkatan ke-29 Tahun Ajaran 2014/2015 diwisuda hari ini, Rabu (10/6/2015), siswa tersebut terdiri dari beberapa jurusan yakni Teknologi Budi Daya Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, dan Nautika Perikanan Laut.

“Sejak tahun 1986 SUPM Negeri  telah mewisuda 2440 orang siwa dan sebagian besar dari alumni tersebut telah mendapatkan pekerjaan. Baik pada TNI, Polri, PNS, Perusahaan Nasional dan Perusahaan Asing,” kta Yip Regan dalam sambutannya.

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. dalam sambutannya, memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan, serta  apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh unsur kependidikan di SUPM Negeri Bone atas prestasi yang diperoleh selama ini yang mampu mengimplementasikan visi dan misi yang diembannya.

Bupati berharap " SUPM Negeri Bone sebagai  lembaga pendidikan melahirkan SDM  kompeten dalam mendukung Indonesia sebagai penghasil produk kelautan dan perikanan, serta upaya menyejahterakan masyarakat Kelautan dan Perikanan melalui pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan khususnya di wilayah Kabupaten Bone " harap Bupati

seperti diketahui, Kabupaten Bone termasuk salah satu Kabupaten di pesisir Timur provinsi Sulawesi Selatan yang terdiri dari 27 kecamatan, di antaranya terdapat 10 kecamatan wilayah pantai dengan panjang garis pantai 138 km, yang terbentang dari Utara ke Selatan, yaitu kecamatan Cenrana sampai kecamatan Kajuara. Berdasarkan letak geografisnya, memiliki berbagai potensi sumber daya alam sehingga memberi peluang untuk dikembangkan sebagai pusat pelayanan di Kawasan Timur Indonesia. khususnya pembangunan melalui pengelolaan dan pemamfaatan potensi sumber daya Perikanan dan Kelautan. 

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan sehingga diharapkan dapat menunjang pembangunan adalah melalui pengelolaan dan pemamfaatan potensi sumber daya Perikanan dan Kelautan yang dapat dilakukan pada tiga dimensi wilayah, yaitu : Dimensi Perairan Laut dalam,  Dimensi Perairan Pantai / Pesisir, dan Dimensi Perairan Darat. 
Sedang melalui dimensi perairan laut dalam, kegiatan pembangunannya dapat diarahkan pada pengembangan usaha penangkapan ikan yang bernilai ekonomi tinggi khususnya ikan tuna, layang, tongkol, cakalang, dan tenggiri.

Kemudian Dimensi perairan pantai / pesisir, diarahkan pada pengembangan usaha budidaya tambak dengan komoditi andalan udang windu, bandeng, kepiting bakau, dan rumput laut Gracillaria Sp dan rumput laut Eucheuma Cottonil, ikan karang dan teripang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar